Segini Biaya Umroh Yang Harus Anda Siapkan

Biaya umroh sudah menjadi pertanyaan bagi para penganut agama muslim yang ingin berangkat ke tanah suci Mekkah. Umroh sendiri merupakan haji kecil bagi para jemaah yang tak memiliki dana yang cukup untuk melaksanakan ibadah haji.

Walaupun biayanya tidak sebesar biaya haji, biaya yang dibutuhkan tuk umroh juga lumayan tergolong besar. Sehingga hal tersebut membuat banyak jamaah harus menabung atau menyiapkan budget terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah umroh. Selain itu, beredar kabar bahwa biaya umroh 2019 akan mengalami kenaikan karena Kerajaan Arab Saudi akan menaikkan pajak barang dan jasa sebesar lima persen.

Berjibun biro umroh yang menyediakan beragam paket umroh sehingga beragam pula harganya yang tergantung dari paket umroh mana yang akan anda pilih. Apalagi banyak juga biro abal-abal yang pengelolanya menipu jamaah untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Sehingga, bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh harus terlebih dahulu mengecek biro tersebut baik dari pelayanan serta harga yang di tawarkan.

Untuk saat ini harga umroh banyak ragamnya dengan nama paket-paket yang menarik. Contohnya salah satu biro yang menyediakan paket umroh hemat transit yang dibanderol dengan harga promo yakni Rp. 19.000.000.

Dengan paket hemat tersebut anda akan mendapatkan tiket pesawat PP kelas ekonomi, akomodasi serta transportasi yang sesuai dengan program, makan tiga kali sehari, biaya visa umroh, pemandu, panduan manasik, dan air zamzam sebanyak 5 liter/jamaah. Sedangkan tuk paket tertinggi yakni paket umroh yang bernamakan umroh hebat bintang 5 dengan harga promo Rp. 24.500.000.

Sedangkan di biro lain terdapat paket reguler yang dibanderol dengan harga Rp. 25.400.000. dan sudah mendapatkan hotel berbintang empat sebagai tempat penginapan. Sementara itu, untuk paket umroh plus yang waktu tinggal di mekkah serta madinah lebih panjang dibanderol Rp. 32.600.000.
Tambahan, semua paket tersebut, biasanya sudah di luar pajak serta asuransi perjalanan, biaya visa progresif, vaksin meningitis, single supplement, biaya pembuatan paspor, dan biaya pribadi termasuk laundry dan telepon.

Jadi, apabila anda ingin berangkat ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah umroh, namun masih belum memiliki modal, anda harus memulai tuk mengumpulkan dananya dimulai dari sekarang. Apa saja yang harus laksanakan? ini dia daftarnya!

1. Persiapkan Dananya

Sebelum kamu memilih paket umroh, kamu harus terlebih dahulu mengetahui sudah berapa banyak dana yang sudah terkumpul. Agen travel umroh biasanya meminta kamu membayar uang muka terlebih dahulu, besarnya uang muka tersebut tergantung dari kebijakan perusahaan agen umroh. Ada yang meminta uang muka sebesar Rp. 10.000.000 atau bahkan enam puluh persen dari total harga paket yang kamu pilih.

Selain menabung tuk mengumpulkan dana, anda juga harus berpikir untuk ber-investasi di berbagai produk keuangan atau produk logam mulia contohnya emas. Harga emas memiliki kecenderungan yang naik turun setiap pekan, sehingga apabila kamu ber-investasi pada emas, kamu dapat menjual emas itu kembali pada saat harganya sedang naik.

2. Pilih Paket Sesuai Dengan Kemampuan Anda

Dikarenakan ingin beribadah umroh dengan nyaman, anda pasti akan memilih paket yang paling sesuai dengan selera anda agar mendapatkan kenyamanan. Akan tetapi, hanya karena ingin mendapatkan kenyamanan anda malah menyiksa diri dengan menguras semua dana di tabungan anda, hal tersebut merupakan bukan hal yang baik.

Oleh sebab itu, pilihlah paket sesuai kemampuan, kebutuhan, dan kondisi dana. Apabila anda ingin beribadah umroh dengan seluruh keluarga, anda harus memperhatikan terlebih dahulu kondisi serta paket dengan harga dan jadwal yang pas untuk anda, kedua orang tua anda, beserta keluarga besar.

Jadi, anda sudah tahu kan apa yang harus anda lakukan sebelum melakukan ibadah umroh. Jadi kapan anda berencana untuk pergi? semoga niat baik anda dapat dilancarkan oleh Allah Swt ya ^^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *