Oleh-Oleh Haji yang Wajib Anda Bawa Saat Balik Ke Indonesia

Bagi masyarakat indonesia yang mayoritasnya merupakan pemeluk agama islam, haji dan umroh sudah tak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan haji dan umroh dapat dikatakan sebuah impian semua umat islam di dunia ini, hal tersebut dikarenakan untuk melakukannya diperlukan persiapan yang baik, khususnya persiapan dari segi material dan fisik untuk dapat pergi menuju ke Tanah Suci Mekah.

Haji dan umroh adalah ibadah yang memiliki sifat maliah mahdhoh atau dapat disebut erat membutuhkan harta benda. Terlebih lagi dengan sistem antrian haji yang sangat lama membuat para calon jamaah haji harus menunggu antrian selama bertahun-tahun lamanya. Berbeda dengan umroh yang dapat dilaksanakan setiap saat di luar musim haji, ibadah haji telah ditentukan waktunya setahun sekali di bulan Dzulhijah sedangkan jumlah jamaah setiap tahunnya semakin bertambah yang membuat antrian semakin lama.

Nah, bagi anda yang di tahun ini akan berangkat ke tanah suci, harus menyiapkan dana lebih terutama untuk beli oleh-oleh haji. Tidak perlu mahal-mahal, oleh-oleh haji dapat kamu beli dengan harga yang terjangkau dan tidak kalah penting, anda harus pintar tawar menawar dengan pedagangnya. Sebelum anda berangkat ke Tanah Suci Mekah, tidak ada salahnya anda melihat rekomendasi oleh-oleh haji yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Sajadah

Sajadah merupakan alat yang dipakai untuk shalat, ada berbagai macam pilihan serta motif, ukuran, dan bentuk sajadah. Anda dapat membeli sajadah untuk para sanak keluarga, teman, diri anda sendiri, atau untuk di sedekahkan ke masjid sekitar. Apabila anda ingin membeli sajadah yang berukuran besar, hendaknya anda harus memikirkan berat bagasi. Anda dapat mencari penjual sajadah di Suhaifa, Madinah, Makkah dan Jeddah.

2. Kosmetik Arab

Apabila anda merupakan seorang wanita, kosmetik arab merupakan pilihan yang wajib untuk anda beli. Sebab anda akan mendapatkan jaminan halal dan bahan bermutu tinggi.

3. Kacang Arab

Kacang arab mempunyai keistimewaan kandungan protein yang cocok bagi anda yang vegetarian. Kacang tersebut mengandung banyak serat yang cocok untuk orang yang ingin diet, dan kandungan zat besi yang membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

4. Kurma

Kurma adalah oleh-oleh yang paling di gemari atau di incar oleh para jamaah. Rasanya tidak akan lengkap ke Tanah Suci apabila anda tak membawa kurma. Anda dapat menemukan kurma di kebun kurma atau pasar kurma, ada banyak kurma yang dapat anda temui saat anda berhaji ke tanah suci, seperti kurma barhi, kurma sukari, sampai kurma ajwa.

5. Baju Khas Timur Tengah

Pakaian khas timur tengah dapat anda temukan di pinggiran jalan Arab Saudi, anda dapat membeli pasmina, hijab, gamis, atau abaya untuk diri sendiri atau sanak keluarga di tanah air. Harganya pun tergantung dari kualitas, ada bagusnya anda berkeliling di sekitar pertokoan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Pastikan bahwa motif, model, dan ukuran sesuai dengan yang anda inginkan.

6. Mukena

Mukena di Tanah Suci Mekah memiliki corak dan warna lebih variatif dan unik dibandingkan dengan mukena indonesia. Semua muslimah sangatlah membutuhkan mukena tuk keperluan ibadah terutama shalat.

7. Coklat Arab

Coklat arab merupakan pilihan oleh-oleh yang cocok untuk anak-anak di rumah. Cokrat arab mempunyai ragam jenis yakni, mulai dari jenis yang berbentuk kerikil, coklat isi, maupun coklat dalam kemasan. Oleh-oleh ini cocok apabila ada tamu yang bersilahturami terutama kepada para anak-anak.

8. Air Zam-Zam

Hal ini merupakan yang wajib di beli oleh para jamaah haji maupun umroh. Air ini dapat menyembuhkan serta memperkokoh kekuatan jasmani dan rohani. Apabila anda ingin meminum air zam-zam, anda harus terlebih dahulu berdoa sebelum meminumnya.

mix parlay bet
mix parlay bet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *